Pentingnya Dana Pensiun Dan Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun

Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun – Seringkali kita temukan banyak dr kita yg masa mudanya jaya dan bergelimang harta, tapi ketika memasuki usia pensiun hartanya lenyap entah kemana? Pd umumnya, jika terjadi hal seperti ini, biasanya disebabkan oleh satu hal, yaitu: Tidak dipersiapkannya dana masa tua atau dana pensiun!

Kebanyakan dr kita masih menganggap bahwa tidak perlu menyiapkan dana pensiun, toh nanti juga mendapat uang pensiun ketika berhenti kerja. Pemikiran ini memang tidak salah, benar kita nantinya akan mendapat uang pensiun tapi biasanya tidak akan memenuhi kebutuhan kita berpuluh-puluh thn ke depan, hal ini dikarenakan semakin tingginya inflasi dr thn ke thn yg menyebabkan uang pensiun kita ikut tergerus.

Sebagai pertimbangan, jika kita hanya mengandalkan dana pensiun yg disediakan perusahaan, rata-rata hanya mampu memenuhi sekitar 20% biaya hidup kita nanti. Anggalah biaya hidup kita saat ini sekitar 3 jutaan perbulan, dgn perkiraan inflasi sebesar 10-12% pertahun, maka kebutuhan hidup kita saat pensiun nanti bisa mencapai Rp. 15,8 juta/bulan. Sangat berbeda jauh bukan?

aaaaaaaaag 1 - Pentingnya Dana Pensiun Dan Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun

Selain berharap dr uang pensiun, biasanya alasan mengapa seseorang belum menyiapkan uang utk masa pensiun nanti adalah dikarenakan masih banyaknya kebutuhan hidup yg harus dipenuhi saat masih produktif. Pdhal jika berpikir kedepan, uang pensiun juga sangat penting utk disiapkan. Karena semakin bertambahnya usia, produktivitas bekerja pun akan menurun. Sedangkan biaya hidup kian hari kian naik.

Lalu, apa yg mesti dilakukan utk mempersiapkan dana pensiun? Pd dasarnya, yg perlu dipersiapkan adalah pemikiran kita akan pentingnya dana pensiun dan tindakan segera utk menyisihkan uang gaji kita utk di investasikan utk dana pensiun.

Semakin lama seseorang menunda utk menyimpan dana pensiun, maka semakin pendek juga waktu yg bisa dipergunakan utk persiapan dana pensiun. Hal ini menyebabkan, semakin besar pula biaya yg harus ia sisihkan. Dan semakin muda kita dlm mempersiapkan dana pensiun, semakin kecil juga biaya yg kita mesti sisihkan setiap bulannya.

Ambil contoh, jika kita mempersiapkan dana pensiun di umur 25 thn maka kita memiliki waktu sekitar 30 thn (umumnya masa pensiun di usia 55 thn) utk mempersiapkannya. Jadi jika kita ingin mempersiapkan uang sekitar 90 juta maka kita hanya perlu menyisihkan uang sebesar 250 ribu/bulannya.

Jika kita mempersiapkan dana pensiun di umur 40 thn maka kita memiliki waktu sekitar 15 thn utk mempersiapkannya. Jadi jika kita ingin mempersiapkan uang sekitar 90 juta maka kita perlu menyisihkan uang lebih banyak setiap bulannya yaitu, sekitar 500 ribu/bulannya.

Selain menyisihkan uang utk dana pensiun, hal penting lainnya yg mesti Anda pikirkan adalah kemana uang simpanan utk dana pensiun itu Anda kelola. Apakah di tabung?, didepositokan? Direksadanakan? Atau ditaruh disaham?

Jika Anda berencana menyimpan dana utk masa pensiun, sebaiknya pilih instrumen yg dapat mengimbangi laju inflasi. Jika memilih tabungan biasa serta deposito maka instrumen ini jelas tidak bisa mengimbangi laju inflasi. Itulah sebabnya banyak finansial planner menyarankan utk menyimpan dana pensiun Anda di instrumen lain, seperti: emas, saham, reksadana saham, dan reksadana campuran.

Tapi perlu diingat, investasi tidak terlepas dr resiko. Semakin tinggi imbal hasil biasanya diiringi dgn resiko yg juga tinggi. Jika Anda memiliki waktu yg panjang utk mempersiapkan dana pensiun (10 thn atau lebih) ada baiknya memilih saham atau reksadana, tapi jika waktu Anda pendek (kurang 5 thn) ada baiknya memilih instrumen jenis lain yg sesuai dgn karakter dan tujuan finansial Anda, misalnya: logam mulia atau reksadana campuran.

Tapi, jika Anda masih produktif ada baiknya mulai berinvestasi utk masa tua nanti. Anda bisa berinvestasi utk membeli aset yg nilainya terus meningkat, seperti: properti. Bagaimana kalau saya tidak punya dana utk membeli properti? Anda diperbolehkan utk berhutang. Eitss, jangan berpikiran buruk dgn kata hutang, karena tidak selamanya hutang itu buruk.

Kita diperbolehkan berhutang asal berhutang digunakan utk membeli aset yg dapat meningkat terus nilainya. Tapi, ingat jangan berhutang ketika mendekati masa pensiun, karena pd prinsipnya tidak ada lagi hutang dlm 5 thn menjelang pensiun. Dgn berinvestasi dibidang properti, maka nilainya akan terus bertambah seiring waktu yg nantinya keuntungan tersebut dapat kita nikmati pd masa tua nanti.

Ya, memang terasa menyiksa diawalnya, tapi jika kita ulet dan terus menyisihkan dana kita utk masa pensiun, lama-kelamaan kita akan menikmati hasilnya. Ibarat pepatah mengatakan: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Baca Juga: Tidak Punya Modal Usaha? Ini Dia Cara Mudah Dan Terpercaya Memperoleh Modal Usaha

Loading...

Tags: #Cara #Dana #Mempersiapkan #Pensiun #Pentingnya #Terbaik

author
Author: 
    Ratu Kebaya Masuk U | Telefilem Komedi Lakonan Ruhainies
    JUDUL : RATU KEBAYA MASUK U WAKTU SIARAN : Jumaat, 12 Januari 2018.
    Kompilasi 52 LAWAK Dubbing ajqhrs (@ajqhrs ig)
    Episod Penuh di http://www.layanon9.pro/ Like facebook page kami di https://www.facebook.com/layanon9 Follow kami di
    Rizki DA & Lesti DA – Rindu Berat | Tour Dangdut Vaganza
    Rizki DA & Lesti DA menyanyikan lagu Rindu Berat di Tour Dangdut Vaganza
    Biodata Pemain Anak Langit SCTV
    Berikut video biodata lengkap para pemain sinetron Anak Langit di SCTV Rating video:

    Leave a reply "Pentingnya Dana Pensiun Dan Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun"