Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Arkwright atau yg memiliki nama lengkap Sir Richard Arkwright adalah seorang ilmuwan besar dunia berkewarganegaraan Inggris Britania Raya, yg berhasil menemukan mesin pintal. Penemuannya di bidang tekstil ini berhasil ditemukan olehnya di thn 1769 silam yg lalu. semasa hidupnya Arkwright dikenal sbg seorang petinggi perwira kepolisian, pengusaha di bidang industry tekstil, dan Bapak penemu system pabrik.

RichardBArkwrightB1 - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Bapak tokoh industry penemu mesin pintal ini lahir di Inggris di kota Preston (Lancashire) di tanggal 23 bulan Desember thn 1732 yg lalu, dan tutup usia di Derbyshire (Cromford) England di tanggal 03 Agustus thn 1792 saat usianya menginjak enam puluh thn. Arkwright yg merupakan anak bungsu ini dikenal sbg seorang yg pekerja keras. Bagaimana tidak, meski ia tidak pernah mengenyam pendidikan bahkan tidak tamat sekolah dasar, ia pun berhasil dikenal sbg seorang ilmuwan besar. Saat usianya menginjak umur sepuluh thn ia bekerja pd seorang tukang cukur rambut (tukang pangkas).

RichardBArkwrightBjadiBtukangBpangkasB2 - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Selama beberapa bulan menjadi tukang cukur rambut, Arkwright pun bekerja sambil mempelajari membuat rambut tiruan atau yg kini dikenal dgn istilah wig. Setelah berhasil mempelajari membuat wig kemudian ia pun memilih utk mengembara ke seluruh penjuru negeri Inggris utk menjual wig yg sudah berhasil dibuat olehnya. Selama menjelajah berbagai lokasi desa di Inggris ia sering kali melihat orang-orang memintal benang dan  menenun kain. Saat usianya sudah dewasa menginjak umur dua puluh thn, ia pun kemudian menikah dgn seorang wanita Inggris bernama Patience Holt. Di tanggal 19 Desember thn 1755 anak pertamanya dr hasil perkawinannya dgn Patience H pun lahir. Anak pertamanya ini berjenis kelamin laki-laki dan di beri nama Richard. Namun sayangnya di thn berikutnya isterinya ini (Patience H) pun meninggal dunia.

KeluargaBRichardBArkwright - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Sepeninggal isterinya, ia pun kemudian memilih utk menikah lagi. Empat thn berselang setelah isterinya meninggal tepatnya di thn 1760 Arkwright pun menikah dgn Margareth Biggins dan dikaruniai seorang anak perempuan. Sepeninggalan ayahnya, Arkwright pun mendapatkan harta warisan. Dgn warisan yg dimiliki olehnya ia pun kemudian membuat dan mendirikan sebuah toko wig.

SirBRichardBArkwrightB2 - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Namun sayangnya wig yg dihasilkan olehnya ini tak begitu menguntungkan utknya. Ia pun tak putus asa, kemudian ia memperhatikan wig yg telah diproduksi olehnya sendiri, lalu ia tertarik pd sebuah benang yg melekat pd rambut palsu ini. Perlu diketahui saat itu di Inggris harga benang amatlah mahal, hal ini dikarenakan saat itu di Inggris belum ada mesin pembuat benang, belum ada pabrik, dan belum juga ada listrik. Bahkan saat itu mesin uap pun belum ada juga. Kain kapas saat itu di Inggris belum ada dan masih mengimpor dr Negara India. Namun kapas yg diimport dr India ini harganya cukup mahal. Di Inggris saat itu hanya ada terdapat benang sutera, wol, dan linen (rami). Sutera pd saat itu terlalu halus, sedangkan sebaliknya linen dan wol amatlah kasar. Di usianya yg saat itu memasuki usia dua puluh, Arkwright mulai berpikir utk mengetahui bagaimana cara memintal benang dan membuat kapas yg kuat.

mesinBpemintalBArkwrightB1 - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Di zaman itu memang sudah ada alat pintal benang. Namun di zaman itu hanya bisa memproduksi seutas tali benang. Di thn 1764 Hargreaves membuat alat pintal yg dapat menghasilkan tiga puluh benang. Namun benang yg dihasilkan oleh Hargreaves ini kurang kuat. Setelah bekerja keras selama lima thn lamanya akhirnya di thn 1769 Arkwright pun berhasil membuat sebuah alat pintal yg lebih baik. Benang yg dihasilkan olehnya ini pun lebih tinggi mutunya dr benang yg dihasilkan oleh rekan terdahulunya Hargreaves. Dua thn kemudian di thn 1771, Arkwright pun berhasil mendirikan sebuah pabrik benang pertama di dunia. Pabrik benang yg didirikan olehnya di kota Cromford ini, dapat menghasilkan benang dgn mutu yg berkualitas tinggi serta menggunakan tenaga air. Namun pekerja (buruh) di pabriknya ini mulai khawatir apabila benang sudah diproduksi banyak, mereka mengira nantinya akan dipecat. Lalu buruh-buruh ini pun tanpa piker panjang memberontak dan menghancurkan pabrik.

Kesulitan yg dihadapi oleh Arkwright pun tak sampai disitu saja. Berbagai pihak pun datang memprotes Arkwright. Ia pun dituduh mencuri (plagiat) hasil penemuan orang lain. Akhirnya Arkwright yg dituduh mencuri karya orang lain ini pun diseret ke pengadilan. Dan naasnya ia pun kalah, dan kehilangan hak patennya. Namun karena lantaran sifatnya yg sabar dan suka humor, beberapa rekan sahabatnya pun membantunya utk mendirikan pabrik pemintalan di berbagai tempat.  Dan menjelang thn 1789 ia sudah memiliki delapan pabrik pemintalan. Lima buah pabriknya terletak di kota Derbyshire. Bukan hanya itu saja bahkan sebelas pabrik milik orang lain pu  berhasil menggunakan mesin pinta hasi karya dr Arkwright. Di thn 1782 silam tercatat bahwa sudah memiliki lima ribu orang karyawan dan modal sekitar dua ratus ribu euro (atau setara dgn 269 juta rupiah).

SirBRichardBArkwrightB4 - Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)

Dewasa ini seluruh dunia sudah mengakui bahwa Arkwright lah yg menemukan mesin pintal bertenaga air. Ia bekerja dlm sehari selama enam belas jam lamanya. Karena ia tak tamat sekolah dasar ia pun harus mengejar ketertinggalannya. Setiap malam sehingga di usianya mencapai lima puluh thn tak henti-hentinya ia belajar tata bahasa dan pengetahuan yg lain. Ia pun mati dan dikenal sbg seorang jutawan. Enam thn sebelum ia meninggal (atau di thn 1786) ia berhasil dianugerahi sebuah gelar kehormatan Sir dr raja George III.

Loading...

Tags: #17321792 #Arkwright #Bapak #Industri #Mengenal #Mesin #Penemu #Pintal #Profil

author
Author: 
    Lirik Lagu Ada Hati Raya Menjadi-Jadi-Ayda Jebat (LAGU RAYA BARU)
    Lirik Lagu Ada Hati Raya Menjadi-Jadi-Ayda Jebat Lagu Raya Ayda Jebat 2019, Lagu
    Sinopsis Telefilem Tiga Lima; Cereka Ahad TV3
    SINOPSIS TIGA LIMA Halim, baru kematian ayahnya, Daud. Kini ibunya, Hasnah perlu menyara
    Tuuuu…diaaa Pak Tam Sekyen 14 Shah Alam
    Tuuuu…diaaa Pak Tam Sekyen 14 Shah Alam | Hai korang, aduh-aduh sejak bulan
    GOT7 Terbang Tinggi Ke Luar Angkasa Pakai Baju Astronot Di Dance Practice ‘Eclipse’!
    Sepertinya  GOT7 baru saja mendarat dr luar angkasa, dan terjun utk melapor kepada

    Leave a reply "Mengenal Profil Arkwright (Bapak Industri Penemu Mesin Pintal 1732-1792)"