Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Loading...

Aristoteles adalah seorang ilmuwan yg lahir di thn 384 sM. Ilmuwan kenamaan ini pun kemudian wafat di thn 322 sM. Sepanjang hidupnya Aristoteles dikenal sbg seorang filsuf (filsafat) tebesar dan ternama sepanjang sejarah zaman kehidupan. Ia pun sering dipanggil sbg Bapak Ilmu Pengetahuan, Bapak Ensiklopedi, atau juga guru dr para ilmuwan. Aristoteles yg dikenal sbg Filsuf ini menemukan logika ( ilmumantik pengetahuan tentang cara berpikir yg baik, sehat dan benar).

aristotelesB1 - Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Ayah dr Aristoteles dikenal sbg seorang yg berprofesi sbg dokter yg bernama Nicomachus. Ayahnya yg seorang dokter ini bekerja di sebuah istana Amyntas III, tempat istana seorang raja Macedonia (kakek Alexander Agung). Namun sayangnya ketika Aristoteles beranjak remaja saat berumur lima belas thn ayahnya ini meninggal dunia. Kemudian sepeninggalan ayahnya, Aristoteles pun dirawat dan tumbuh di tengah keluarga Proxenus (seseorang yg masih juga memiliki hubungan darah dgn ayahnya).

Dua thn kemudian ketika Aristoteles mulai beranjak dewasa saat usianya menginjak tujuh belas thn, ia pun kemudian masuk dlm sebuah akademi milik ilmuwan kenamaan (Plato). Di akademi milik ilmuwan yg berada di kota Athena ini Aristoteles menghabiskan waktunya selama dua puluh thn lebih lamanya utk menimba ilmu. Namun sesudah Plato meninggal dunia di thn 374 sebelum masehi, Aristoteles pun kemudian memilih utk meninggalkan akademi ini dan pergi dr Athena dan memilih utk hidup mengembara selama dua belas thn lamanya.

platoBakademiB2 - Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Kemudian ia pun memilih utk mendirikan sebuah lembaga akademi di kota Assus. Di kota ini kemudian ia bertemu dgn seorang wanita yg kemudian dinikahi olehnya. Wanita yg beruntung yg dipersunting oleh Aristoteles ini dikenal dgn nama Pythias. Namun sialnya tak berselang lama, isterinya yg bernama Pythias ini kemudian meninggal dunia. Kemudian ia pun kembali menikah dgn seorang wanita bernama Herpyllis. Dari pernikahannya dgn Herpyllis ini Aristoteles pun mendapatkan keturunan seorang anak lelaki bernama Nicomachus. Nama anak lelakinya ini diambil dr nama ayahnya sendiri.

Kemudian Aristoteles pun kembali mendirikan sebuah lembaga akademi pendidikan di kota Mytilene. Lembaga ini didirikan olehnya sembari ia mengajar menjadi guru Alexander Agung selama tiga thn lamanya. Di thn 335 sebelum Masehi Aristoteles pun mendirikan sebuah lembaga di kota Lyceum (Athena).

lyceumBakademiB1 - Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Di kota ini kemudian ia membuat sebuah riset, penelitian, eksperimen, memberi kuliah, berpikir dan membuat catatan-catatan dgn tekun & giat serta cermat. Hari demi hari ia habiskan di kota ini dgn kegiatan positif tersebut selama dua belas thn lamanya. Ketika Alexander Agung meninggal dunia di thn 323 sebelum masehi Aristoteles pun pergi meninggalkan kota ini dan menetap di kota Chalcis. Adapun pilihannya jatuh di kota Chalcis karena ia takut dikejar-kejar dan diancam akan dibunuh oleh orang Yunani. Yg mana orang Yunani yg mengejar dan berusaha utk membunuhnya ini dgn alasan karena membenci pengikut Alexander Agung. Dan di thn berikutnya Aristoteles pun wafat (meninggal dunia). Ia tutup usia saat umurnya 62 thn.

karyaBaristotelesB2 - Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Selama hidupnya sudah banyak penemuan ilmu yg ditemukan oleh Aristoteles. Cabang-cabang ilmu yg ditemukan olehnya seperti diantaranya; ilmu tentang fisika, botani, biologi, astronomi, meteorology, anatomi, kimia, embrologi, zoologi, dan psikologi eksperimental. Meski sudah dua ribu thn lebih lamanya istilah-istilah dr ciptaan Aristoteles ini masih sering dipakai sampai hari ini. Misalnya saja istilah seperti, relasi, informasi, energy, kualitas, individu, kuntitas, subtansi, esensi, materi dan istilah yg lainnya.

Dalam semasa hidupnya Aristoteles telah berhasil mengarang buku kurang lebih sebanyak 50 buah buku. Dgn uraian yg jelas dan terperinci serta sistematis, dan mendalam ia dapat mengarang buku. Aristoteles lah yg dapat membuktikan pertama bahwa bumi itu bulat dgn jalan melihat gerhana. Dialah yg membagi kata menjadi 10 jenis seperti; kata benda, kata kerja, kata sifat dan sbgnya. Dan Aristotles jugalah yg mengatakan bahwa manusa adalah mahluk social, dan ia juga yg mengemukakan bahwa setiap pernyataan harus dibuktikan dgn kebenarannya. Bahwa kunci dr pengetahuan adalah logika dan dasar dr pengetahuan adalah fakta.

karyaBaristotelesB1 - Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)

Menurut Aristoteles semua yg bergerak di alam kehidupan semesta ini bergerak menuju Tuhan. Ia juga yg menyatakan bahwa semua manusia yg ingin bahagia hendaknya harus berbuat baik dgn sebanyak-banyaknya. Aristoteles lahir di Macedonia (Stagirus) pd thn 384 sebelum masehi. Dan tutup usia (wafat) di Yunani Chalcis, pd thn 322 sebelum Masehi.

Loading...

Tags: #Aristoteles #Bapak #Ensklopedi #Ilmu #Mengenal #Pengetahuan #Profil

author
Author: 
    Craving Masakan Melayu Asli? Datang Je Restoran Sisik Ikan Bakar Klang
    Assalamualaikum & hi kawan-kawan.. Last week BBL pergi satu kedai masakan Melayu Asli
    Semua sekolah di Pulau Pinang, Kuala Lumpur, Selangor, Putrajaya ditutup sehingga Jumaat
    PUTRAJAYA – Semua sekolah dan tadika di Selangor, Pulau Pinang, Kuala Lumpur dan
    Sebelum ‘Cendol Dawet’ Viral, Abah Lala Berjuang Mati-Matian Sampai Rela Dihujat!
    slidegossip.com – Para pecinta lagu dangdut, khususnya di Pulau Jawa pasti tahu dgn
    Alhamdulilah, Team BBL Menang Miss SHOPhia Shopping Hunt 2019!
    Assalamualaikum semua… Miss SHOPhia Shopping Hunt 3.0 kembali lg thn ni. Ni kali

    Leave a reply "Mengenal Profil Aristoteles (Bapak Ensklopedi & Ilmu Pengetahuan 384 sM- 322 sM)"