Mengapa Pasien Tuberkulosis Paru (TBC) Berkeringat Di Malam Hari?

Penyebab Pasien Tubercolusis Berkeringat Di Malam Hari– Mengapa penderita Tuberkulosis (TBC) sering berkeringat di malam hari? Apa fisiologi yg menyebabkan penderita TBC berkeringat di malam hari? Itulah pertanyaan yg sering muncul perihal gejala khas dr penyakit Tuberculosis (TB).

Untuk menjawab pertanyaan di atas berikut adalah uraian singkat mengapa penderita Tuberkulosis berkeringat pd malam hari:

Penyakit Tuberkulosis atau biasa disingkat dgn TBC disebabkan oleh infeksi Mycobacterium Tuberculosis. Saat bakteri ini masuk ke dlm tubuh maka secara alamiah tubuh akan melakukan mekanisme pertahanan tubuh. Caranya adalah dgn memperbanyak pembentukan sel darah putih dlm hal ini adalah magrofag yg berasal dr monosit.

aaaaab 1 - Mengapa Pasien Tuberkulosis Paru (TBC) Berkeringat Di Malam Hari?

Pada saat bekerja magrofag  akan memproduksi suatu molekul kimiawi yg disebut TNF-α (Tumor Necrosis Factor- Alfa) yg mana ini adalah salah satu molekul persinyalan peptida yg terlibat dlm  keringat malam hari.  Hal ini dikarenakan molekul inilah yg memberikan sinyal pd otak  untuk meningkatkan sel point suhu tubuh di hipotalamus. Sbg tanggapan terhadap sinyal kimia yg bersirkulasi ini, hipotalamus akan mengatur ulang suhu tubuh ke tingkat yg lebih tinggi (panas), dgn cara memperkecil diameter pembuluh darah utk mencegah kehilangan panas yg berlebih dan utk memberikan respon kepada tubuh utk menggigil.Setelah set point telah tercapai, tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dgn salah satu caranya adalah dgn berkeringat. 

Selain serangan makrofag yg menyebabkan demam, Mycobacterium Tuberculosis  itu sendiri  juga melepaskan sinyal penyebab demam. Meskipun makrofag mungkin tidak dapat membasmi bakteri sepenuhnya, pd orang yg imunokompeten, makrofag dan sel-sel lain dapat mengelilingi dan mengandung kelompok bakteri dan mencegah penyebaran lebih lanjut melalui jaringan.

Kembali kepertanyaan awal, mengapa penderita Tuberkulosis demam pd malam hari?  Hingga kini belum jelas mengapa demam yg disebabkan mycobacterium TB terjadi pd malam hari. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan irama sirkardian tubuh. Suhu tubuh manusia normal menampilkan ritme sirkadian, dan umumnya terendah pd jam-jam subuh pd 36.1 ° C sebelum naik ke 37.4 ° C atau lebih tinggi di  petang dan malam hari, sehingga demam / peristiwa berkeringat mungkin terkait dgn siklus harian ini. karena peningkatan suhu tubuh ketika petang dan malam hari tentu panas tubuh akan mencolok di waktu-waktu ini. Baca Juga: Mengapa Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) Atau DFH Mengalami Demam? Ini Dia Penyebabnya!

Loading...

Tags: #Berkeringat #Hari #malam #Mengapa #PARU #Pasien #Tuberkulosis

author
Author: 
    Kabur Dari Ibu Tiri yg Kejam, Gadis 14 Thn Ini Malah Diperkosa 6 Pria Selama 2 Hari!
    slidegossip.com – Seorang gadis remaja malang menjadi korban pemerkosaan yg dilakukan oleh 6
    Bangkrut Gara-Gara Corona, Pengusaha Muda Ini Sewa Pembunuh Bayaran Demi Uang Asuransi!
    slidegossip.com – Seorang pengusaha muda nekat melakukan tindakan tak terduga. Berawal dr kondisi
    Aktor Tampan Ini Dituntut Karena Memperkosa 3 Wanita! Pengacara: Kami Yakin Dia Akan Dibebaskan!
    slidegossip.com – Aktor tampan asal Amerika, Danny Masterson dituntut atas tuduhan pemerkosaan yg
    ABG Ngaku Diperkosa Pria Tak Dikenal Saat Mabuk! Baru Lapor Polisi Setelah Hamil 6 Bulan!
    slidegossip.com – Alangkah baiknya utk selalu bersikap hati-hati terhadap orang tak dikenal. Jangan

    Leave a reply "Mengapa Pasien Tuberkulosis Paru (TBC) Berkeringat Di Malam Hari?"