Kupas Tuntas Perihal Hutang: Kapan Blh Berhutang?, Yg Diperhatikan Sebelum Berhutang?,Perencanaan Pembayaran Hutang, Dan Penyebab Utama Mengapa Hutang Menumpuk

Apakah blh berhutang utk sesuatu yg produktif dan komsumtif? Kapan kita blh berhutang? Apa saja yg perlu diperhatikan sebelum kita berhutang? Bagaimana merencanakan pembayaran hutang? Bagaimana caranya agar terlepas dr hutang? Itulah beberapa pertanyaan seputar hutang. Utk menjawab pertanyaan ini, berikut adalah jawaban perihal hutang:

Di zaman modern seperti sekarang ini memang susah utk menghindari yg namanya hutang. Mahalnya biaya hidup membuat sebagian besar orang memilih utk berhutang. Hutang seolah bisa menjawab permasalahan keuangan yg sedang ‘mampet’. Itulah sebabnya banyak yg mengibaratkan hutang seperti mata pisau. Jika dimanfaatkan dgn baik, ia akan berguna. Sebaliknya, ia juga bisa mencelakakan.

Lalu, pertanyaan lain muncul, blhkah kita berhutang? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita lihat dulu apa utang tersebut. Hutang adalah sejumlah uang atau sesuatu yg dapat dinilai dgn uang yg diterima dr pihak lain berdasarkan persetujuan dgn kewajiban mengembalikan atau melunasi.

Utang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu: utang produktif dan utang konsumtif. Utang produktif digunakan utk sesuatu yg menghasilkan, sedangkan utang konsumtif adalah utang yg umumnya dipakai utk komsumsi sehari-hari.

aaaaaaaaaaaaaaaa2 1 - Kupas Tuntas Perihal Hutang: Kapan Blh Berhutang?, Yg Diperhatikan Sebelum Berhutang?,Perencanaan Pembayaran Hutang, Dan Penyebab Utama Mengapa Hutang Menumpuk

Adapun contoh dr hutang produktif adalah hutang yg digunakan utk sesuatu yg menghasilkan yg nilai asetnya terus naik, seperti: berhutang utk membeli tanah maupun rumah. Sedangkan contoh utang konsumtif adalah seperti pembelian handphone yg sebenarnya tidak menambah aset karena harganya akan cenderung turun dimasa yg akan datang.

Itulah sebabnya sebelum berutang, ada baiknya kita mengenali apa yg sebenarnya kita butuhkan. Berikut adalah hal yg perlu kita perhatikan sebelum berhutang:

1.   Punya penghasilan

2.  Keuangan keluarga tidak minus

3.  Mampu membayar cicilan utang dr penghasilan

4.  Pahami jenis kredit atau hutang

5.  Gunakan kredit sesuai peruntukan

Jika kelima syarat di atas tidak Anda penuhi, hutang hanya akan menjadi bencana buat Anda. Karena pd prinsipnya utang haruslah dibayar sesuai perjanjian yg telah disepakati. Jika Anda saja belum punya penghasilan bagaimana mungkin Anda akan membayar utang?

Ingatlah selalu apakah berhutang itu hanya karena kebutuhan atau hanya karena keinginan semata?

Jadi pd prinsipnya berhutang blh-boleh saja asal dipertanggung jawabkan. Karena utang bukanlah uang yg jatuh dr langit yg bisa dipakai semau kita, melainkan uang yg sekedar di ‘titip’kan kepada kita utk segera dikembalikan.

Dan yg patut diingat jangan sekali-kali menumpuk utang. Karena utang yg menumpuk akan membuat keuangan keluarga menjadi ‘seret’. Dan kalau tidak dimanajemen dgn baik, hutang suatu saat akan menjadi bomerang buat Anda.

Bagi Anda yg sedang terlilit hutang, mulai sekarang rencanakanlah dgn matang pembayaran hutang agar hutang segera lunas dan utang tidak menumpuk. Berikut adalah beberapa alasan yg biasanya membuat kita terjebak dlm hutang yg menumpuk:

1.   Saya tidak akan pernah melunasinya: buanglah jauh-jauh pikiran ini.Jika memang sudah berhutang maka kewajiban Anda adalah membayarnya. Sesulit apapun, utang harus tetap dibayar walaupun itu dlm jangka waktu yg lama. Utk mengetahui progres pembayaran utang, gunakan kalkulator finansial utk tahu berapa lama hutang lunas berdasarkan nilai pembayaran yg diberikan secara rutin.

2.  Saya tidak punya waktu utk memikirkan utang: Jika sudah memutuskan utk berutang berarti Anda juga harus siap utk membayar utang tepat waktu. Utk itu, Anda harus meluangkan waktu utk merencanakan pembayaran utang.

3.  Saya tidak terbebani dgn utang yg ada: Ini penyakit yg mesti diberantas. Ingatlah orang atau tempat Anda berhutang yg dgn baik hati mau meminjamkan uang mereka agar mempermudah urusan finansial keuangan Anda. Anda blh berpikiran tidak terbebani dgn hutang, tapi kewajiban Anda tetap, yaitu: segera melunasi utang yg sudah Anda pinjam!

4.  Semua orang memiliki utang: Memang benar, hampir semua orang mempunyai utang. Tapi jangan jadikan hal itu sbg alasan Anda utk malas membayar hutang. Sekali lagi utang adalah hal yg mesti Anda selesaikan sesuai perjanjian yg telah Anda buat. Baca Juga: Ini Bisnis Yg Cocok Bagi Orang Yg Hobi Berbelanja!
Loading...

Tags: #Berhutang #BerhutangPerencanaan #Diperhatikan #Hutang #Kapan #Kupas #Mengapa #Menumpuk #Pembayaran #Penyebab #Perihal #Sebelum #Tuntas #Utama

author
Author: 
    Ini Video Rasmi Majlis Perkahwinan Sultan Muhammad V dan Oksana Voevodina
    Beberapa keping foto rasmi majlis perkahwinan Sultan Kelantan, Sultan Muhammad V kembali tersebar
    “Dia Ada Dua Ibu, Doa Ibu Yg Hebat.” – Rata-Rata Puji Erra Fazira Sambut Hari Lahir Anak Bersama Laudya Cynthia Bella.
    Puteri tunggal kepada aktres jelita Erra Fazira, Engku Aleesya baru saja menyambut ulang
    Alamak! Misai Dah Tumbuh La. Ini Jawapan Bersahaja Dari Nur Sajat Apabila Ditanya Tentang Bulu Halus Di Atas Bibir Montok Beliau.
    Ramai peminat terkejut,Jutawan kosmetik dan penyanyi Nur Sajat baru-baru in, dilaporkan mengidap peny4kit
    Rock Bro! Full Movie
    Rock Bro! merupakan sebuah filem arahan Mamat Khalid yg dibintangi oleh Khir Rahman, Soffi Jikan, Pekin Ibrahim dan Azmi

    Leave a reply "Kupas Tuntas Perihal Hutang: Kapan Blh Berhutang?, Yg Diperhatikan Sebelum Berhutang?,Perencanaan Pembayaran Hutang, Dan Penyebab Utama Mengapa Hutang Menumpuk"