Kata-kata Hafalan Ijab Kabul Pernikahan (wajib dihafalin sebelum ke pelaminan) Agar Tidak Nerves dihari H

Asalamu’alaikum, pak ustadz bagai manakah ucapan atau lafal ijab kabul pernikahan yg benar menurut islam? mohon penjelasan nya terimakasih,
Rizki, dikutip dr konsultasi syariah .com

Jawaban 
wa’alaikum salam.
Diantara rukun nikah adalah dgn adanya ijab kabul, ijab adalah perkataan wali pengantin wanita kepada pengantin pria: zawwajtuka ibnatii, saya nikahkan kamu dgn putri ku…, sedangkan kabul adalah ucapan pengantin pria,,: saya terima,,, bila sudah dilakukan ijab kabul dan di hadiri dua saksi laki-laki dan diumumkan atau diketahui halayak, maka pernikahan nya sah.
Dalam pengucapan ijab kabul tidak disyaratkan menggunakan kalimat tertentu dlm ijab kabul. akan tetapi semua kalimat yg dikenal masyarakat sbg kalimat ijab kabul akad nikah maka maka status nikahnya sah.

Kata-kata Hafalan Ijab Kabul pernikahan(wajib dihafalin sebelum ke pelaminan) Agar Tidak Nerves dihari H

Lajnah daimah ditanya tentang lafadz nikah, mereka pun menjawab,
Seluruh kalimat yg menunjukan ijab dan kabul maka akad nikahnya sah dgn menggunakan kalimat tersebut, menurut pendapat yg lebih kuat, yg paling tegas adalah kalimat: Zawwajtuka dan Ankahtuka( aku nikahkan kamu) lalu ‘ mallaktuka'( aku serahkan pdmu ),,
Fatawa Lajnah Daimah: Demikian lah penjelasannya ,..

Bolehkah Akad Nikah (Ijab Kabul) Selain dr Bahasa Arab
Pendapat yg lebih kuat bahwa akad nikah sah dgn selain bahasa arab, walaupun dia bisa bahasa arab, disebutkan dlm Mausu’ah fiqhiah al-quaitiyah:
Mayoritas ulama berpendapat bahwa orang yg tidak bisa bahasa arab blh melakukan akad nikah dgn menggunakan bahasa keseharian nya, karena dia tak bisa berbahasa arab, sehingga tak harus menggunakan bahasa arab, sbg mana orang yg bisu. lalu disebutkan perselisihan ulama tentang akad nikah dgn selain bahasa arab yg kesimpulanya adalah:

  • Akad nikah sah dgn bahasa apapun, walaupun orangnya bisa bahasa arab, ini adalah pendapat hanafiyah, syafi’iyah – menurut penjelasan yg lebih kuat, syaikhul islam ibnu taimiyah dan ibnu kudamah, dlm hal ini kedudukan dlm bahasa non- arab dgn bahasa arab sama sajah, karena orang yg menggunakan bahasa selain bahasa arab mempunyai maksud yg sama dgn orang yg berbahasa arab.
  • Akad nikah tidak sah dgn selain bahasa arab, walaupun dia tak bisa bahasa arab, ini adalah pendapat sebagian ulama syafi’iyah, mereka beralasan bahwa lapadz ijab kabul akad nikah setatusnya sbg mana takbir ketika sholat yg hanya dapat diucapkan dgn bahasa arab
  • Akad nikah sah menggunakan selain bahasa arab dgn sayat pelakunya tidak bisa bahasa arab, bila pelakunya bisa bahasa arab maka harus menggunakan bahasa arab, ini adalah pendapat ketiga dlm madzhab syafii.

Sumber: ( Mausu’ah fiqhiyah quaitiyah: 11, 174 )

Artikel terkait: kata kata mutiara islami

Apakah Harus Disebutkan Nama Pengantin Perempuan nya

Diantara syarat sah nya nikah adalah adanya kejalasan masing-masing pengaten, seperti menyebut nama penganten wanita atau dgn isyarat tunjuk, bila pengantin ada ditempat akad, misalnya, seorang wali penganten wanita berkata kepada penganten pria,, aku nikahkan kamu dgn putriku ini,, lalu si wali menunjuk purtinya yg berada di sebelahnya” hukum akad nikahnya sah.
Ibnu Qudamah mengatakan, ” diantara syarat nikah adalah adanya kejelasan penganten, karena orang yg melakukan akad dan yg diakadkan harus jelas, kemudian dilihat bila penganten wanita ada ditempat akad, lalu kemudian wali mengatakan, saya nikahkan anda dgn anak ini, maka akad nikah nya sah , karena isyarat sudah dianggap penjelasan, bila ditambahi, misalnya dgn mengatakan, saya nikahkan kamu dgn anaku yg satu ini ,,,atau dgn anak ku yg bernama aminah,, maka ini adalah sipatnya hanya menguatkan makna. bila pengantin wanita tak ada ditempat akad maka ada dua keadaan :

  • Wali hanya mempunyai satu anak perempuan, maka dia blh mengatakan saya nikahkan kamu dgn putriku ini,,, bila disebutkan namanya, maka setatusnya hanya menguatkan.
  • Wali nikah mempunyai anak perempuan lebih dr satu, Wali ini tidak blh menggunakan kata umum, misalnya mengatakan,  saya nikahkan kamu dgn putriku dlm keadaan ini akad nikahnya tidak sah, sampai si wali menyebutkan ciri khas salah satu putrinya itu yg hendak ia nikahkan, baik dgn menyebut nama atau sifatnya, misalnya dia mengatakan, saya nikahkan kamu dgn putriku yg pertama atau yg bernama…..( almughni ,7:444)

Begini Kata-kata Hafalan Ijab Kabul Pernikahan (wajib dihafalin sebelum ke pelaminan) Agar Tidak Nerves dihari H

Ijab dan qabul bahasa indonesia 

ijab
(Istigpar dibaca sebanyak 3 x)

Bapak wali/wakil wali, kata kata menikahkan anak:
Sodara/ananda …………..bin …………….
Saya nikahkan engkau ………….yang bernama …………..
Dengan maskawin nya yg berupa …………….tunai

Biar jelas cek saja video ijab qabul presiden jokowi ini, lalu hafal sendiri dirumah kalau bisa didepan cermin ya…


Atau :
Sodara/ananda ……………..bin…………….


Saya nikahkan dan saya kawinkan anak saya/ keponakan saya/ adik saya yg bernama …………….kepada mu
Dengan maskawin berupa…………….tunai

Penagantin Pria/Calon Suami, kata kata menerima pertikahan:

Terima/Qabul
Saya terima nikah dan kawinnya …….binti……….dengan maskawin yg tersebut tunai

Ijab dan Qabul Bahasa Sunda 

Tarima abdi nikah na ka ( nami calon panganten istri ) putri tegesna bpk………kalayan maskawin tersebut dibayar kontan.

Kata-kata Hafalan Ijab Kabul ini, wajib anda hafalin setiap hari sebelum anda memasuki kursi panas, iya! karena jika anda bukan seorang pembicara, tentu saja pasti nerves jika sudah duduk di kursi pelaminan dan di sorot oleh ratusan mata, namun jika anda sudah latihan secara rutin, insya allah akad nikah akan tenang tanpa nerves/gugup. sekian semoga bermanfaat

    Loading...

    Tags: #AGAR #dihafalin #dihari #Hafalan #Ijab #Kabul #KataKata #Nerves #pelaminan #Pernikahan #Sebelum #tidak #Wajib

    author
    Author: 
      Cara Pacaran Secara Berpikir Dewasa
      Tips pacaran secara dewasa – Dlm menjalin sebuah hubungan dibutuhkan beberapa sikap yg
      Tips Supaya Pacar Tidak Marah Edisi Terbaru
      Tips supaya pacar tidak marah – Bingung langkah apa yg perlu diambil saat
      Tanda Tanda Pacar Sudah Mulai Bosan
      Tanda-tanda pacar sudah mulai bosan – Memiliki seorang kekasih atau pacar memang dapat
      Ciri Ciri Pria Sedang Jatuh Cinta Pd Wanita
      Ciri ciri pria sedang jatuh cinta pd wanita – mungkin kalian sedang mencari

      Leave a reply "Kata-kata Hafalan Ijab Kabul Pernikahan (wajib dihafalin sebelum ke pelaminan) Agar Tidak Nerves dihari H"