Jelang Ramadhan, MUI Keluarkan Fatwa Baru: ODP, PDP dan Positif Corona Haram Shalat di Masjid!

slidegossip.com – Jelang bln Ramadhan yg tinggal menghitung hari, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa baru terkait pelaksanaan ibadah di bln suci Ramadhan selama pandemi corona (covid-19).
muhyiddinBjunaidiBhidayatullahBcom - Jelang Ramadhan, MUI Keluarkan Fatwa Baru: ODP, PDP dan Positif Corona Haram Shalat di Masjid! 
Muhyiddin Junaidi (hidayatullah.com)
Seperti dilansir dr gelora.co (22/4/2020), Wakil Ketua Umum MUI, Muhyiddin Junaidi mengatakan bahwa dlm fatwa baru itu juga dijelaskan soal pembagian zona wilayah yg masyarakatnya masih blh beribadah di masjid atau tidak.

Bagi wilayah yg masuk zona merah dan kuning, dilarang utk melaksanakan salat di masjid atau mushala. Sementara utk wilayah zona hijau masih dibolehkan dgn syarat menetapkan protokol kesehatan sesuai anjuran WHO.

Dalam fatwa MUI nomor 14 thn 2020 itu sudah dijelaskan secara gamblang dan komprehensif bahwa di wilayah yg terkendali, artinya tidak dianggap sbg wilayah zona merah atau zona kuning maka semua ibadah ritual seperti shalat fardhu Jumat, shalat tarawih dan shalat Idul Fitri bisa diselenggarakan secara normal,” jelas Muhyiddin dlm video conference bersama wartawan, Rabu (22/4/2020).

“Sementara di wilayah yg tidak terkendali karena di sana dianggap byk virus covid-19 dan sudah tersebar luas masuk dlm zona merah, maka yg di wilayah tersebut ibadah-ibadah yg wajib, sunah itu semua dilakukan di rumah,” sambungnya.

Selain itu, Muhyiddin juga menegaskan, bg masyarakat yg masuk dlm kategori orang dlm pemantauan (ODP), pasien dlm pemantauan (PDP) dan positif corona, diharamkan utk melaksanakan ibadah di masjid atau mushala, karena hal tersebut dpt membahayakan orang lain.

“Bagi yg sudah masuk dlm ODP, PDP apalagi positif, diharamkan bg mereka utk shalat berjamaah baik di mushala ataupun di masjid karena akan menularkan virus itu kepada orang lain,” ujarnya.

Selain itu, MUI juga memberikan imbauan kepada masyarakat utk tidak mudik ke kampung halaman. Menurutnya, mudik di saat pandemi corona, jadi lebih byk mengandung masalah dr pd manfaatnya. “Kami di MUI mengimbau bg yg ingin melakukan mudik sebaiknya ditunda, karena akan menimbulkan masalah mudaratnya lebih byk dr pd manfaatnya,” pungkas Muhyiddin.


Loading...

Tags: #Baru #Corona #Fatwa #Haram #Jelang #Keluarkan #Masjid #positif #Ramadhan #Shalat

author
Author: 
    Kabur Dari Ibu Tiri yg Kejam, Gadis 14 Thn Ini Malah Diperkosa 6 Pria Selama 2 Hari!
    slidegossip.com – Seorang gadis remaja malang menjadi korban pemerkosaan yg dilakukan oleh 6
    Bangkrut Gara-Gara Corona, Pengusaha Muda Ini Sewa Pembunuh Bayaran Demi Uang Asuransi!
    slidegossip.com – Seorang pengusaha muda nekat melakukan tindakan tak terduga. Berawal dr kondisi
    Aktor Tampan Ini Dituntut Karena Memperkosa 3 Wanita! Pengacara: Kami Yakin Dia Akan Dibebaskan!
    slidegossip.com – Aktor tampan asal Amerika, Danny Masterson dituntut atas tuduhan pemerkosaan yg
    ABG Ngaku Diperkosa Pria Tak Dikenal Saat Mabuk! Baru Lapor Polisi Setelah Hamil 6 Bulan!
    slidegossip.com – Alangkah baiknya utk selalu bersikap hati-hati terhadap orang tak dikenal. Jangan

    Comments are closed.