Hati-hati, Air Kemasan Belum Tentu Aman !

Kini semakin byk merek air kemasan (botol) di pasaran. Tentu, nama-nama aneh itu perlu dipertanyakan. Amankah utk dikonsumsi? Blh dibilang, pertanyaan itu berlebihan. Tapi, kenyataan buruk soal air kemasan ini, lumayan bikin ngeri. Di beberapa negara bgan AS, byk ditemukan air kemasan dgn kadar fluorid dibawah standar. Belakangan, hal itu diketahui sbg penyebab masalah gigi, terutama pd anak-anak. Menurut Archives of Family Medicine, di Cleveland, AS, hanya ada 5% air kemasan yg berkadar fluorid sesuai anjuran. Jadi, salah besar kalau kita berpikir air kemasan itu pasti aman atau steril.
airBkemasanBtidakBaman - Hati-hati, Air Kemasan Belum Tentu Aman !

Oke, kita blh bilang bahwa hal itu terjadi di AS, yg sudah barang tentu sumber air dan mineralnya, beda banget dgn di RI. Bisa jadi demikian, tapi terus berhati-hati tetap diperlukan. Meskipun, hampir semua produsen air kemasan itu mengklaim dagangannya sbg air mineral, steril, aman dan sehat.

Alasan dan Penyebabnya

Apalagi, data dr Badan Puat Statistik (BPS) RI, rata-rata cakupan air bersih di RI sudah semakin berkurang. Dari 67,7% cakupan air bersih di pedesaan, 2,5%nya tak steril. Itu di pedesaan. Sedang di kota besar lebih parah lagi. Hanya 66,1% yg dinyatakan sbg air sehat. Jadi, meski lebih alami, belum tentu air bersih di RI lebih aman dan sehat dibanding di AS.

Penyebabnya, jelas pencemaran limbah industri, penggunaan bahan kimia utk pertanian (pestisida, herbisida, pupuk) dan penambangan emas tanpa ijin dgn menggunakan merkuri dlm jumlah tak terkendali.

Solusinya?

Lantas, harus bagaimana? Tindakan berhati-hati tetap perlu. Air kemasan yg (katanya) sudah steril sekalipun, tak luput dr kontaminasi zat berbahaya dan bakteri. Arsenik penyebab kanker dan bakteri salmonela tak mempan hanya dgn penyaringan. Satu-satunya cara ampuh utk mendapat air sehat dan steril adalah dgn memasaknya dulu.

Kalau tidak, sedikitnya 37 jenis penyakit pun mengancam. Selain penyakit perut seperti diare, tifus, kholera, disentri, air juga berpotensi menyebabkan hepatitis A dan E, infeksi kulit, scabies, lepra, frambusia.
Demikianlah uraian tentang Hati-hati, Air Kemasan Belum Tentu Aman !, semoga bermanfaat.

Loading...

Tags: #Aman #Belum #HatiHati #Kemasan #Tentu

author
Author: 
    Kabur Dari Ibu Tiri yg Kejam, Gadis 14 Thn Ini Malah Diperkosa 6 Pria Selama 2 Hari!
    slidegossip.com – Seorang gadis remaja malang menjadi korban pemerkosaan yg dilakukan oleh 6
    Bangkrut Gara-Gara Corona, Pengusaha Muda Ini Sewa Pembunuh Bayaran Demi Uang Asuransi!
    slidegossip.com – Seorang pengusaha muda nekat melakukan tindakan tak terduga. Berawal dr kondisi
    Aktor Tampan Ini Dituntut Karena Memperkosa 3 Wanita! Pengacara: Kami Yakin Dia Akan Dibebaskan!
    slidegossip.com – Aktor tampan asal Amerika, Danny Masterson dituntut atas tuduhan pemerkosaan yg
    ABG Ngaku Diperkosa Pria Tak Dikenal Saat Mabuk! Baru Lapor Polisi Setelah Hamil 6 Bulan!
    slidegossip.com – Alangkah baiknya utk selalu bersikap hati-hati terhadap orang tak dikenal. Jangan

    Comments are closed.