Cara Terbaik Dlm Mengatur Keuangan Keluarga, Hingga Menyusun Anggaran Pendapatan Maupun Pengeluaran Keluarga!

Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga – Bagaimana caranya mengelola keuangan keluarga? Bagaimana cara menyusun anggaran pendapatan maupun belanja (pengeluaran) keluarga yg baik? Bagaimana caranya agar keuangan keluarga tetap sehat? Kita pasti tahu bahwa cara pengelolaan keuangan akan menentukan masa depan kita. Jika pengelolaan keuangan kita baik, maka kemungkinan besar masa depan kita juga baik, tapi jika perencanaan keuangan kita baik maka bisa dipastikan kehidupan keuangan kita juga tidak baik.

Oleh sebab itu dlm mengatur keuangan perlu kiranya kita rencanakan. Pertanyaan akan muncul, lalu bagaimanakah cara merencanakan atau mengelola keuangan yg baik itu? Apakah kesemua gaji kita harus di tabung semua? Ataukah kita harus melilit pinggang agar tidak ada pengeluaran.

Untuk menyusun atau mengelola keuangan sebaiknya kita menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja rumah tangga atau biasa disingkat dgn RAPBT. Dimana nantinya RAPBT akan membantu kita dlm menyusun anggaran lebih cermat. Baik itu pendapatan maupun pengeluaran.

Berikut adalah cara menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja rumah tangga agar keuangan kita tidak jebol:

1.   Ketahui pendapatan kita setiap bulannya: Ini merupakan langkah awal kita dlm menyusun anggaran keluarga kita. Hal ini perlu dilakukan utk menakar seberapa mampu kita dlm memenuhi kebutuhan keluarga kita. Tentu saja pengeluaran harus lebih kecil dr pendapatan kita.

aaaaab 1 - Cara Terbaik Dlm Mengatur Keuangan Keluarga, Hingga Menyusun Anggaran Pendapatan Maupun Pengeluaran Keluarga!

2.  Catat pengeluaran kita: Setelah mengetahui pendapatan kita setiap bulannya, langkah selanjutnya adalah seberapa besar pengeluaran kita. Jika lebih banyak pengeluaran kita dibandingkan pendapatan kita, ada dua opsi dlm menyiasatinya. Yg pertama tentu dgn meningkatkan pendapatan, misalnya dgn bekerja sampingan, membuka usaha bisnis atau ikut bisnis MLM. Sedangkan cara kedua tentu saja dgn memangkas pengeluaran bulanan.

3.  Membedakan antara pengeluaran wajib dan yg tidak: Hal ini perlu dilakukan, karena seringkali kita membuat catatan pengeluaran utk sesuatu yg tidak wajib utk dipenuhi. Oleh sebab itu, bedakan antara kebutuhan dgn keinginan. Karena jangan sampai keinginan yg membuat pengelolaan keuangan kita menjadi berantakan.

4.  Buat panduan rencana anggaran: Setelah mencatat pendapatan dan pengeluaran, selanjutnya buat panduan rencana anggaran. Hal ini perlu dilakukan agar kita menggunakan uang secara cerdas dan menjadi pembelanja yg hati-hati. Sehingga dgn mematuhi anggaran yg kita buat sendiri, kita dapat berbelanja tanpa terlilit defisit.

5.  Hemat pengeluaran: Caranya dapat bermacam-macam: bisa dgn memilih membawa bekal dr rumah dibanding membeli mknan di luar, mengefisenkan pemakaian listrik, mengurangi anggaran membeli perhiasan, menghentikan pembelian transfortasi yg tidak perlu (Jangan memaksakan beli mobil jika belum ada dana yg mencukupi karena selain harganya yg mahal juga biaya perawatannya nantinya juga tidak murah.) atau bisa juga dgn cara membeli mknan di pasar tradisional.

6.  Poskan pengeluaran Anda: Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebaiknya pos pengeluaran juga digunakan utk mengatur: kewajiban membayar zakat, dana darurat (baca:   )kewajiban membayar pihak ketiga (misalnya: bayar hutang), dan pengeluaran utk masa depan, bisa berupa: tabungan pendidikan, tau bisa juga digunakan utk pembangunan rumah. Dan yg terakhir adalah pos pengeluaran utk tabungan. Baca Juga: Kupas Tuntas Tentang Reksadana: Pengertiannya, Cara Berinvestasi Melalui Reksadana, Dan Keuntungan Maupun Kerugian Berinvestasi Dgn Reksadana
Loading...

Tags: #Anggaran #Cara #Hingga #Keluarga #Keuangan #Maupun #Mengatur #Menyusun #Pendapatan #pengeluaran #Terbaik

author
Author: 
    Drama Korban Kasih (TV1) | MyInfotaip
    Drama adaptasi novel ‘Korban Kasih’ karya Fatimah Saidin akan menemui penonton di RTM
    [LIVE] Konsert Gegar Vaganza 2017 : GV Live+ Minggu 7
    —— Langgan YouTube Astro Gempak, http://bit.ly/ytgempak Info rancangan Astro Gempak di http://bit.ly/astrogempak Like
    Telefilem Berdua (TV1) | MyInfotaip
    Saksikan telefilem ‘Berdua’ hasil garapan pengarah Wan Afzam Wan Daud akan disiarkan pd
    Tiada Lagi (TV3) | MyInfotaip
    Saksikan telefilem ‘Tiada lg’ lakonan Rita Rudaini, Jay Iswazir, Eizlan Yusof dan Dayg

    Leave a reply "Cara Terbaik Dlm Mengatur Keuangan Keluarga, Hingga Menyusun Anggaran Pendapatan Maupun Pengeluaran Keluarga!"