Cara Mudah Dan Terpercaya Dlm Mengatur Keuangan Keluarga Muda (Baru Menikah)

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Muda (Baru Menikah) – Bagaimana cara mengatur keuangan bagi pasangan yg baru menikah? Apa saja yg mesti dipersiapkan agar keuangan keluarga baru tetap stabil? Bagaimana cara memenuhi kebutuhan rumah tangga bagi pasangan yg baru menikah? Itulah segelintir pertanyaan yg muncul, terutama bagi pasangan yg baru saja selesai menikah.

Bagi Anda pasangan yg baru membina rumah tangga pasti masih bingung bagaimana cara mengatur keuangan keluarga. Minimnya pengalaman serta masih kaburnya apa yg ingin dicapai kedepan, membuat banyak pasangan baru menikah bingung dlm merencanakan masa depannya, terutama masah keuangannya.

Pada kesempatan kali ini kami akan uraikan tentang jurus ampuh dlm mengatur keuangan keluarga muda, yg kami rangkum dlm cara mudah dan terpercaya dlm mengatur keuangan pasangan baru:

1. Bentuk rekening gabungan:

Ketika sudah memutuskan utk menikah sebaiknya masalah keuangan dikelola bersama, jangan lagi beranggapan bahwa penghasilan adalah milik masing-masing, tapi milik bersama. Jadi usahakan utk membentuk rekening gabungan.

2. Mempersiapkan dana darurat:

Ini adalah hal yg mesti Anda siapkan. Mengapa? Karena dlm kehidupan, kita tidak bisa menebak apa yg akan terjadi kedepannya. Bisa jadi thn ini kita masih aktif bekerja tapi di thn berikutnya kita diberhentikan dr pekerjaan. Bisa jadi kondisi kita masih baik saat ini, tapi belum tentu di thn-tahun berikutnya kondisi kita baik, bisa jadi kita mengalami sakit yg tentu saja dapat menguras pendapatan kita.

aaaaaam 1 - Cara Mudah Dan Terpercaya Dlm Mengatur Keuangan Keluarga Muda (Baru Menikah)


Oleh sebab itu, bagi pasangan muda yg baru menikah persiapkanlah dana darurat. Tujuannya utk memenuhi kebutuhan keluarga jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yg tidak diinginkan, misalnya: diberhentikan kerja, terjadi bencana, musibah sakit maupun kecelakaan.

Lalu berapa kira-kira dana yg diperlukan utk menyiapkan dana darurat ini? Sebaiknya sisihkan sebagian penghasilan utk dana darurat sehingga mencapai minimal tiga kali gaji bulanan. Tapi, bila penghasilan Anda belum stabil, Anda memerlukan dana cadangan yg lebih besar, misalnya enam kali pengeluaran rutin perbulan.

Untuk mengelola dana darurat ini, sebaiknya disimpan di rekening sendiri. Dan jangan sekali-kali menggunakan dana darurat ini jikalau tidak dlm keadaan darurat.

3. Mempersiapkan dana beli rumah/tempat tinggal:

Setekah memiliki dana darurat, langkah selanjutnya yg sebaiknya ditempuh keluarga muda adalah mempersiapkan dana utk membeli rumah atau apartemen.

Untuk membeli rumah ini bukanlah perkara mudah. Perlu perencanaan yg matang. Jadi sebaiknya, ketahui dahulu berapa pendapatan dan pengeluaran kita setiap bulannya, lalu setelah itu baru kita bisa menentukan prioritas, rencana dan strategi keuangan yg ingin dijalani.

Untuk membeli rumah baru, kita harus merencanakan berapa harga rumah yg hendak dibeli dan dlm jangka waktu berapa thn. Misalnya kita hendak membeli rumah seharga 300 juta dlm waktu dua thn, maka yg harus kita lakukan adalah mencari tahu cara utk mendapatkan uang dp atau uang muka sebesar 90 juta dlm waktu dua thn.

Cara yg bisa ditempuh utk mendapatkan uang muka sebesar 90 juta bisa dgn menabung dan bisa juga dgn cara meminjam Kredit Tanpa Angunan (KTA). Jika kita memilih cara kedua (KTA) kita harus mempertimbangkan cara membayar cicilan KTA dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sekaligus. Selain dua cara diatas kita juga bisa meminjam uang dr tempat kita bekerja yg telah bekerjasama dgn Bank.

4. Mempersiapkan dana pendidikan anak:

Saat memutuskan ingin mempunyai anak, Anda dan istri harus mempersiapkan dana pendidikan anak. Mengapa? Karena biaya pendidikan anak makin thn makin meningkat biayanya setiap thnnya.

Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, sebaiknya dimulai sejak dini bahkan kalau bisa sejak anak dlm kandungan. Sebaiknya sisihkan sekitar 10-30% dr pendapatan kita utk tabungan pendidikan anak.

5. Menabung:

Banyak kalangan berpikir bahwa menabung dilakukan setelah ada sisa uang. Pdhal cara ini tidak efektif sama sekali. Jadi, sebaiknya sisihkan dulu 10% dr penghasilan Anda utk ditabung, setelah itu baru sisa uangnya dipakai utk keperluan yg lain.

6. Ikut dlm asuransi:

Ini yg juga penting dilakukan keluarga baru. Dgn menyisihkan sejumlah uang utk mengikuti asuransi, keuangan keluarga sedikit banyaknya akan terlindungi. Sebaiknya pasangan baru mengikuti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

7. Buat laporan keuangan:

Dalam mengelola keuangan keluarga sebaiknya buat catatan berapa pemasukan berapa pengeluaran. Sehingga nantinya diakhir bulan kita dapat melakukan evaluasi. Karena, bisa jadi kita mengeluarkan uang utk sesuatu yg tidak penting dr daftar pengeluaran. Selain itu, apabila terjadi defisit anggaran, laporan keuangan ini akan membantu kita mengindentifikasi apa yg menjadi penyebabnya. Baca Juga: Pentingnya Dana Pensiun Dan Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun
Loading...

Tags: #Baru #Cara #Keluarga #Keuangan #Mengatur #Menikah #Muda #Mudah #Terpercaya

author
Author: 
    Cikgu sulizi pelabuhan kasih (dikir barat)
    Dikir barat kelantan.. Rating video: /5 Sumber video: Youtube
    Drama Cinta Untuk Raf | MyInfotaip
    Nantikan drama adaptasi novel ‘Cinta Utk Raf’ karya Rabihah Nur Ridhuan akan ditaygkan
    Pelakon-pelakon suara animasi Upin dan Ipin by CVS Production
    Kenal tak dengan pelakon-pelakon suara animasi upin dan ipin? Comelnyaaaa BAJU RAYA UPIN
    Jalan Syurga (TV2) | MyInfotaip
    Saksikan telefilem ‘Jalan Syurga’ pd Jumaat, 27 Mac pukul 9:30 malam di TV2.

    Leave a reply "Cara Mudah Dan Terpercaya Dlm Mengatur Keuangan Keluarga Muda (Baru Menikah)"