Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Pada mesin diesel, timing injeksi memiliki peran penting agar mesin bisa hidup dan berputar dgn baik, normal, serta bertenaga. Timing injeksi merupakan waktu penginjeksian bahan bakar (solar) yg waktunya sudah ditetapkan oleh pihak pabrikan terkait dgn model mesin yg digunakan.

Timing injeksi pd mesin diesel dpt dilakukan penyetelan secara manual, khususnya utk mesin diesel yg menggunakan bospom (pompa injeksi) model mekanikal. Namun, kesalahan melakukan penyetelan timing injeksi ini bisa berakibat buruk pd mesin.

caraBmenyetelBbospomBL300Bdiesel - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Jika timing injeksi terlalu awal akan mengakibatkan diesel knocking, sedangkan jika terlalu mundur akan mengakibatkan tekanan maksimum di dlm silinder akan menurun, sehingga tenaga mesin berkurang dan meningkatnya pemakaian bahan bakar sehingga lebih boros

Pd artikel kali ini, ombro akan mencoba berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom mobil mitsubishi colt L300. Berikut cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom L300

I. Pemeriksaan timing injeksi bospom l300 diesel

Utk memeriksa dan menyetel bospom L300 terkait timing injeksi di perlukan sebuah alat khusus bernama prestroke measuring adapter yg dipasangkan dgn Dial gauge. Alat ini berfungsi utk memeriksa putaran timing check valve di dlm bospom L300. Perhatikan bentuk nya dibawah berikut ini

prestrokeBmeasuringBtool - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Berikut adalah langkah-langkah memeriksa timing injeksi bospom L300 diesel

1. Lps cover atas penutup timing belt

Lepas cover atas penutup timing belt utk memudahkan kita saat melihat tanda timing pd bgan camshaft.

2. Atur posisi piston cylinder no 1 ada di posisi top 1

2BaturBposisiBtopB1 - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Luruskan tanda timing yg ada di sprocket camshaft agar segaris dgn timing mark. Selanjutnya luruskan pula tanda timing yg ada di pulley crankshaft (dumper pulley)

3. Buka baut penutup timing check valve

3BlepasBbautBpenutupBtimingBcheckBvalve - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Buka baut penutup timing check valve yg ada di bgan belakang bospom tepat di tengah-tengah pipa injeksi. Lpskan pula gasket kuningannya.

4. Pasang Special Tool Prestroke measuring adapter

Sebelum memasang special tool bernama prestroke measuring adapter ini, pastikan ukuran pushrod yg keluar berjarak 10 mm (1cm). Pasang juga dial gauge di bgan belakang prestroke ini.

4BPasangBspecialBtool - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Setelah spesial tool siap, pasanglah alat ini pd lubang baut timing check valve yg sudah kita buka bautnya di langkah ke 3. Putar alat prestroke ini sehingga ulir masuk penuh di lubang buat check valve ada bospom perhatikan posisi alat yg dipasang seperti pd gambar diatas.

5. Putar crankshaft 30 derajat sebelum TDC

Putar crankshaft berlawanan arah jarum jam (ke kiri) sekitar 30 derajat dr posisi top 1 (TDC). Sehingga kita akan menemukan 30 derajat sebelum TDC pd piston top 1.

5BbuatB30BderajatBsebelumBtop - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Perhatikan jarum pd dial gauge. Temukan posisi putaran dimana jarum dial gauge ini berhenti bergerak. Jika kurang yakin putar sedikit ke kiri atau kekanan utk memastikan jarum dial gauge ini sudah benar-benar tidak bergerak.

6. Putar Ring pd dial gauge dan arahkan ke angka 0

Putarlah ring angka yg ada pd dial gauge dan arahkan angka 0 (nol) ke jarum dial gauge. Lalu pastikan kembali jarum tidak bergerak saat kita putar crankshaft 2-3 derajat ke kanan dan ke kiri.

7. Putar crankshaft sebanyak 1 putaran jarum dial gauge

6BputarBcrankshaftBhinggaBsatuBputaranBjarumBdialBgauge - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Setelah jarum pd dial gauge sudah benar-benar tidak bergerak dan posisi angka nol sudah tepat pd jarum dial gauge, selanjutnya adalah memutar crankshaft searah jarum jam (ke kanan) sebanyak satu (1) putaran jarum dial gauge.

8. Perhatikan tanda timing pd pulley crankshaft

bacaBhasilBpemeriksaanBtimingBinjeksi - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Setelah crankshaft diputar sebanyak satu putaran jarum dial gauge, periksalah tanda timing yg ada pd pulley crankshaft. Injection timing utk mesin 4D56 (L300) yg normal adalah 9°ATDC. Jika posisi tanda timing pd pulley crankshaft tidak tepat pd posisi 9°ATDC, maka timing injeksi harus dilakukan penyetelan.

Baca juga :

  • Cara menyetel klep mobil L300 diesel
  • Mengatasi lampu indikator water sedimenter mobil L300 menyala
  • Cara memasukkan gigi persneleng mobil L300

II. Penyetelan timing injeksi bospom L300 diesel

Jika saat pemeriksan timing injeksi bospom L300 ini nilai dr timing tidak sesuai standar (yaitu lebih atau kurang dr 9°ATDC), maka diperlukan penyetelan agar timing injeksi sesuai dgn nilai standarnya. Berikut langkah-langkah menyetel bospom L300 utk timing injeksinya

1. Beri tanda posisi bospom sebelum di setel

Beri tanda posisi pd bospom dgn menggunakan spidol, tipe-x , dan lainnya utk menentukan posisi bospom sebelum dilakukan penyetelan. Penandaan ini berfungsi utk memudahkan pengembalian posisi bospom ke posisi semula jika hasil penyetelan tidak sesuai dgn kebutuhan.

2. Kendorkan semua baut pipa injeksi dibelakang bospom L300

kendorkanBbautBdanBpipa - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Kendurkan semua baut pipa injeksi yg ada dibelakang bospom L300 (ada 4 baut pipa). Kendorkan saja tidak perlu sampai dilepas.

3. Kendorkan baut pemegang bospom L300 ( baut injection pump)

Kendorkan semua baut pengikat bospom yg terletak di sisi kanan dan kiri bospom, serta dua buah baut di bgan bawah bospom yg dipasang pd sebuah bracket.

4. Geser bodi bospom untk menyetel timing injeksi

geserBbodyBbospomBuntukBpenyetelan - Cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Utk menyetel timing injeksi, geser bodi bospom kearah dlm (mendekati mesin) utk injeksi timing yg saat pemeriksaan nilainya lebih dr 9°ATDC. Sedangkan utk timing injeksi yg saat pemeriksaan nilainya kurang dr 9°ATDC, geser bodi bospom ke arah luar (menjauhi mesin). Jika sudah, kencangkan sementara baut pengikat bospom utk mencegah bospom bergeser.

5. Lakukan kembali pemeriksaan timing injeksi bospom L300

Lakukan kembali langkah-langkah pemeriksaan timing injeksi bospom L300 seperti yg sudah dilakukan sebelumnya pd langkah pemeriksaan timing injeksi mulai dr langkah no 5 sehingga langkah no 8 pd bgan cara memeriksa timing injeksi.

Pastikan pd saat pemeriksaan, nilai penyetelan timing injeksi bospom L300 ini sudah tepat berada pd posisi 9°ATDC. Jika belum, lakukan peyetelan ulang kembali seperti langkah penyetelen yg sudah dijelaskan diatas.

6. Kencangkan seluruh baut pengikat dan baut pipa injeksi

Setelah selesai penyetelan timing injeksi, kencangkan kembali baut pengikat bospom serta 4 baut pipa injeksi. Lakukan dgn hati-hati utk mencgah bospom bergeser dgn sendirinya saat pengencangan.

7. Lpskan special tool dan kencangkan baut timing check valve

Lepaskan special tool dan pasang serta kencangkan kembali baut timing check valve yg ada di belakang bospom ini, janga lupa pasang juga gasket kuningan pd baut tersebut.

8. Pasang cover timing belt atas dan periksa kebocoran bahan bakar

Pasang dan kencangkanlah kembali cover timing belt atas. Pastikan semua komponen pemeriksaan dan penyetelan timing injeksi bospom L300 sudah benar lalu hidupkan mesin guna melakukan pemeriksaan kebocoran bahan bakar. Pastikan tidak ada bahan bakar yg bocor pd pipa-pipa injeksi dan baut timing.

Lakukan cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 ini dgn hai-hati dan menggunakan alat yg benar. Jika ragu atau merasa tidak bisa, lakukan penyetelan pd bengkel atau mekanik yg sudah sobat percayakan. Ombro tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yg terjadi, baca disclaimer blog ini

Demikianlah artikel tentang cara memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 yg bisa ombro sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pd kategori : Tips-dan-cara


Loading...

Tags: #bospom #Cara #injeksi #l300 #Memeriksa #menyetel #timing

author
Author: 
    Kabur Dari Ibu Tiri yg Kejam, Gadis 14 Thn Ini Malah Diperkosa 6 Pria Selama 2 Hari!
    slidegossip.com – Seorang gadis remaja malang menjadi korban pemerkosaan yg dilakukan oleh 6
    Bangkrut Gara-Gara Corona, Pengusaha Muda Ini Sewa Pembunuh Bayaran Demi Uang Asuransi!
    slidegossip.com – Seorang pengusaha muda nekat melakukan tindakan tak terduga. Berawal dr kondisi
    Aktor Tampan Ini Dituntut Karena Memperkosa 3 Wanita! Pengacara: Kami Yakin Dia Akan Dibebaskan!
    slidegossip.com – Aktor tampan asal Amerika, Danny Masterson dituntut atas tuduhan pemerkosaan yg
    ABG Ngaku Diperkosa Pria Tak Dikenal Saat Mabuk! Baru Lapor Polisi Setelah Hamil 6 Bulan!
    slidegossip.com – Alangkah baiknya utk selalu bersikap hati-hati terhadap orang tak dikenal. Jangan

    Comments are closed.