Cara dongkrak mobil yg aman

Mendongkrak mobil bisa jadi hal sepele bg yg sudah terbiasa dan memang paham dgn cara – cara dongkrak mobil yg aman, namun bg yg belum terbiasa atau bahkan belum pernah medongkrak mobil, hal ini bisa menjadi kesulitan tersendiri yg jika tidak hati-hati juga akan menimbulkan kerugian dan bahaya.

Mendongkrak mobil sebaiknya tidak dilakukan dgn cara yg sembarangan, pasalnya byk kejadian yg akhirnya merugikan baik pd kendaraan yg sedang di dongkrak atau keselamatan jiwa orang yg mendongkrak.

MemastikanBkondisiBoverheat - Cara dongkrak mobil yg aman

Pd artikel berikut, kami akan menginformasikan bagaimana cara dongkrak mobil yg aman agar kegiatan perbaikan yg anda lakukan seperti mengganti ban bisa dilakukan dgn aman dan nyaman

1. Persiapkan alat-alat termasuk alat keselamatan

PeralatanBwajibBadaBdiBmobilBBsaatBdarurat - Cara dongkrak mobil yg aman

Langkah pertama utk mendongkrak mobil yg aman adalah dgn mempersiapkan alat-alat mendongkrak seperti dongkrak set yg sesuai utk mengangkat beban mobil anda, jack stand dan kebutuhan pembongkaran mobil. Selain itu siapkan juga sarung tangan yg bisa digunakan utk melindungi tangan.

Baca juga : Peralatan wajib ada di mobil utk keadaan darurat

2. Posisikan mobil pd bidang datar yg keras dan kuat

CaraBmemundurkanBmobil - Cara dongkrak mobil yg aman

Sebelum anda mulai mendongkrak mobil, pastikan posisi mobil berada ditempat/ bidang datar yg keras dan kuat contohnya pd permukaan jalan aspal ataupun beton. Hindari mendongkrak mobil pd kondisi jalan tanah lembek ataupun berumput.

Jika kondisi jalan memang tidak memungkinkan (anda tidak mendapati jalan aspal dan beton), pastikan tempat utk dongkrak bertumpu cukup keras atau anda dpt mengganjalnya dgn balok yg cukup lebar dan kuat utk menahan dongkrak.

Pasalnya, jika tempat utk dongkrak bertumpu tidak keras maka mobil tidak akan terangkat, melainkan dongkraknya yg akan terbenam ke dlm tanah.

3. Ketahui Posisi Titik Tumpu dongkrak yg aman

Setelah memposisikan kendaraan pd tempat yg aman utk mendongkrak, kini waktunya anda utk mengetahui titik tumpu dongkrak pd mobil anda. Titik tumpu ini adalah posisi terkuat yg bisa digunakan utk menahan beban mobil ketika terangkat. Berikut titik tumpu dongkrak yg umum digunakan.

I. Mobil rangka monocoque

Contoh mobil dgn rangka monocoque Toyota Corrola, Suzuki Swift, Mitsubishi Lancer EVO, dan lain-lain yg termasuk dlm golongan mobil sedan. Berikut titik tumpu dongkraknya

TITIKBTUMPUBDONGKRAKBMOBILBSEDAN - Cara dongkrak mobil yg aman

II. Mobil rangka H

Contoh mobil dgn rangka H, Toyota Hi-lux, Mistubishi Triton, Pajero Sports, Isuzu D-Max, dan lain-lain yg termasuk dlm golongan mobil MPV. Berikut titik tumpu dongkraknya

TITIKBTUMPUBDONGKRAKBMOBILBRANGKABH - Cara dongkrak mobil yg aman

Catatan: Titik tumpu diatas hanyalah sbg ilustrasi umum yg ada di mobil, pastikan dgn membaca buku petunjuk perawatan kendaraan yg anda miliki.

4. Ketahui cara menggunakan dongkrak yg aman

caraBmenggunakanBdongkrakBmobil - Cara dongkrak mobil yg aman

Setelah tempat dan titik tumpu dongkrak sudah anda ketahui, langkah selanjutnya adalah cara menggunakan dongkrak yg benar dan aman. Perlu diketahui bahwa jenis dan model rupa dongkrak ada beberapa mcm.

Seperti contohnya dongkrak gunting, dongkrak botol ataupun dongkrak buaya. Masing-masing model memiliki cara yg berbeda utk menaikkan dan menurunkan dongkrak. Utk dongkrak gunting anda harus memutar tangkai dongkrak sedangkan utk dongkrak botol dan dongkrak buaya anda perlu memompanya.

Utk cara penggunaan dongkrak yg lebih rinci, anda bisa membacanya pd artikel berikut tentang cara menggunakan dongkrak yg sudah pernah di posting sebelumnya.

5. Gunakan Jack Stand utk keamanan

menggunakanBjackBstand - Cara dongkrak mobil yg aman

Setelah anda berhasil mendongkrak, langkah terakhir yg perlu anda lakukan demi keamanan selama mendongkrak mobil adalah dgn menambahkan alat bantu topang kendaraan yg sering di kenal dgn sebutan Jack Stand.

Perlu diketahui bahwa membiarkan dongkrak tetap dlm posisi mengangkat mobil memiliki resiko yg tinggi. Dongkrak berfungsi hanya utk mengangkat sementara, tapi tidak utk menjadi pengganjal.

Oleh karena itu Jack Stand berfungsi utk mengganti dongkrak agar tidak menahan beban mobil terlalu lama yg dpt membahayakan keselamatan.

Jika anda tidak memiliki Jack Stand anda dpt memanfaatkan ban mobil yg di tambahkan balok diatasnya utk menjaga keselamatan jika sewaktu-waktu dongkrak tergelincir ataupun turun secara tiba-tiba.


Loading...

Tags: #Aman #Cara #dongkrak #Mobil

author
Author: 
    Kabur Dari Ibu Tiri yg Kejam, Gadis 14 Thn Ini Malah Diperkosa 6 Pria Selama 2 Hari!
    slidegossip.com – Seorang gadis remaja malang menjadi korban pemerkosaan yg dilakukan oleh 6
    Bangkrut Gara-Gara Corona, Pengusaha Muda Ini Sewa Pembunuh Bayaran Demi Uang Asuransi!
    slidegossip.com – Seorang pengusaha muda nekat melakukan tindakan tak terduga. Berawal dr kondisi
    Aktor Tampan Ini Dituntut Karena Memperkosa 3 Wanita! Pengacara: Kami Yakin Dia Akan Dibebaskan!
    slidegossip.com – Aktor tampan asal Amerika, Danny Masterson dituntut atas tuduhan pemerkosaan yg
    ABG Ngaku Diperkosa Pria Tak Dikenal Saat Mabuk! Baru Lapor Polisi Setelah Hamil 6 Bulan!
    slidegossip.com – Alangkah baiknya utk selalu bersikap hati-hati terhadap orang tak dikenal. Jangan

    Comments are closed.