Benarkah Anak Diare Tidak Blh Minum Susu? Ini Dia Jawabannya!

Loading...

Benarkah Anak Diare Tidak Blh Diberi Susu? – Seringkali kita mendengar bahwa apabila anak sakit diare maka tidak blh diberi susu atau ASI? Kalaupun blh kita dianjurkan utk memberikan air susu yg encer pd anak yg menderita diare? Utk menjawab pertanyaan ini, berikut akan kami uraikan benarkah anak diare tidak blh diberi susu:

Seperti kita ketahui anak diare tidak hanya akan banyak kehilangan cairan, tapi juga mengalami gangguan keseimbangan atau sering disebut dgn hipoglikemia. Kondisi ini terjadi pd 2-3% anak yg diare. Dimana hipoglikemia ini terjadi karena rendahnya kadar glukosa darah dlm tubuh yg menyebabkan tubuh anak akan lemah, berkeringat, kejang, bahkan bisa menyebabkan sang anak koma.

Menjawab pertanyaan di atas, benarkah anak diare tidak blh diberi susu? Jawabannya tidak benar. Hal ini dilandasi oleh selain karena anak diare akan mengalami banyak kehilangan cairan, hipoglikemia, juga bisa mengalami gangguan nutrisi. Utk memenuhi kebutuhan anak yg sakit diare ini air susu tetap diberikan dgn pemberian sedikit demi sedikit tapi sering.

aaaaaaca 1 - Benarkah Anak Diare Tidak Blh Minum Susu? Ini Dia Jawabannya!

Bagi anak yg masih menyusui, tetap berikan ASI utk mencukupi cairan tubuh yg hilang. Berikan terus cairan pd anak (termasuk susu), lebih baik dgn air putih yg dicampur sedikit garam, sehingga cairan tersebut mengandung elektrolit yg dibutuhkan tubuh. Selain air putih, bisa juga utk pemenuhan cairan dan nutrisi orang tua memberikan sup dan air susu agar anak terhindar dr dehidrasi.

Tapi yg perlu dicatat adalah bila sianak tersebut diare karena terbukti mengalami gangguan mencerna laktosa, sebaiknya gantilah susu dgn susu rendah laktosa atau bebas laktosa. Hal ini kemungkinan terjadi akibat virus yg menyerang pd anak, sehingga pertahanan anak dlm pencernaannya rusak.

Jika pencernaan anak sudah tidak lagi menghasilkan laktase (emzim laktase yg mencerna laktosa menjadi glukosa dan galaktosa), artinya laktosa tidak dapat dicerna. Akibatnya perut anak menjadi kembung, menyebabkan bakteri di dlm perut menumpuk sehingga menghasilkan feses asam dan mengiritasi b*k*ng menjadi merah atau ruam. Jadi air susu tetap diberikan dgn catatan diganti dgn susu yg rendah laktosa atau yg bebas laktosa.

Kesimpulannya adalah: anak yg diare sebaiknya tetap diberikan susu atau ASI. Jika terbukti anak mengalami gangguan mencerna laktosa air susu tetap diberikan tapi air susunya susu rendah laktosa atau bebas laktosa. Dan yg patut dicatat adalah susu jangan diencerkan karena bisa berkurang zat nutrisi di dlmnya. Baca Juga: Bolehkah Pasta Gigi Orang Dewasa Dipakai Oleh Anak-Anak? Ini Dia Jawabannya!
Loading...

Tags: #Anak #Benarkah #Diare #Jawabannya #Minum #Susu #tidak

author
Author: 
    CUEPACS minta kerajaan jangan abai kebajikan guru
    SEMPORNA – Kongres Kesatuan Pekerja-Pekerja Dlm Perkhidmatan Awam (Cuepacs) meminta kerajaan melihat kebajikan
    Lucinta Luna Alami Kecelakaan? Netizen: Curiga Jangan-Jangan Oplas Lagi!
    slidegossip.com – Artis sensasional Lucinta Luna dikabarkan mengalami kecelakaan sehingga membuat kepalanya harus
    Latih semula guru fahami Falasafah Pendidikan Kebangsaan – Rektor UIA
    PETALING JAYA: Rektor Universiti Islam Antarabangsa Malaysia, Dzulkifli Abdul Razak berkata Malaysia perlu
    Latih semula guru, pendidik mengenai Falsafah Pendidikan Kebangsaan – Rektor UIA
    PETALING JAYA: Rektor Universiti Islam Antarabangsa Malaysia, Dzulkifli Abdul Razak berkata Malaysia perlu

    Leave a reply "Benarkah Anak Diare Tidak Blh Minum Susu? Ini Dia Jawabannya!"